4 Penyakit Mata yang Banyak Terjadi

Menderita berbagai jenis penyakit mata dapat dialami semua orang kapan saja. Gejala yang muncul pun beragam, seperti mata kering, rasa gatal, merah dan lainnya. Tindakan cepat yang dilakukan pasien dapat mencegah agar penyakit tersebut tidak semakin parah. Penanganan penyakit ini dilakukan sesuai dengan gejala yang terjadi.

Bagi pasien yang mengalami penyakit mata, tindakan yang harus dilakukan bermacam-macam. Pada kondisi ringan, pengobatan sendiri menggunakan obat dari apotek dapat dilakukan. Namun untuk kasus yang sudah parah harus ke dokter. Dokter pun akan melakukan tindakan sesuai dengan tingkat penyakit yang dialami pasien, mulai dari pengobatan hingga operasi.

Jenis Penyakit Mata yang sering Terjadi

Jenis Penyakit Mata yang sering Terjadi
Jenis Penyakit Mata yang sering Terjadi

Aktivitas sehari-hari, seperti terlalu lama bekerja dengan menggunakan komputer, terkena sinar matahari dalam waktu lama hingga pola makan yang tidak sehat merupakan pemicu munculnya berbagai jenis penyakit mata.

Upaya pencegahan merupakan langkah yang tepat agar Anda tidak mengalami gangguan pada Indera penglihatan. Namun jika sudah sakit, harus segera mendapat penanganan yang tepat. beberapa jenis penyakit mata yang sering terjadi diantaranya:

1. Konjungtivitis

Konjungtivitis merupakan salah satu jenis penyakit yang sering terjadi. kondisi ini dialami oleh pasien karena adanya radang sehingga mata berair, merah, pedih dan terjadi iritasi. Tindakan pengobatan yang akan dilakukan oleh dokter tergantung penyebab dan parah atau tidaknya penyakit tersebut.

Apabila penyakit ini muncul karena alergi, maka tindakan yang harus dilakukan adalah menjauhi pemicu dan meminum obat antihistamin. Sedangkan jika penyebabnya oleh virus, biasanya penyakit ini bisa sembuh sendiri, namun pasien juga bisa minum antibiotik untuk mempercepat proses penyembuhan.

2. Mata Kering

Mata kering adalah gangguan yang harus diwaspadai karena dapat berdampak buruk. Kondisi ini dapat muncul karena iritasi, pola hidup kurang sehat dan terlalu lama bekerja dengan menggunakan komputer. Penyebabnya bisa juga karena efek samping obat dan terpapar sinar matahari.

Penyakit mata satu ini apabila belum parah dapat diatasi dengan menggunakan obat tetes mata yang mengandung berbagai bahan bermanfaat. selain itu bisa juga dengan memperbaiki pola hidup dan mengkonsumsi makanan yang bergizi.

3. Glaukoma

Glaukoma merupakan penyakit mata yang cukup berbahaya karena dapat menyebabkan kebutaan. Gangguan kesehatan ini terjadi karena adanya kerusakan pada syaraf mata. Penyebabnya bisa karena peningkatan tekanan di dalam bola mata akibat adanya timbunan cairan di dalam mata.

Meski sering menyerang pasien yang usianya di atas 60 tahun, namun penyakit satu ini dapat menjangkit pasien semua usia.

Pada kondisi yang masih ringan, untuk mengurangi tekanan pada bola mata, dapat dengan menggunakan obat tetes mata. Jika sudah parah pengobatan dilakukan dengan operasi, baik secara konvensional maupun menggunakan laser.

4. Katarak

Katarak merupakan penyakit pada mata yang menyebabkan munculnya selaput yang mengganggu kemampuan dalam melihat. Penyakit ini sangat berbahaya karena menjadi penyebab kebutaan paling banyak di Indonesia.

Faktor usia merupakan salah satu penyebab katarak. Selain itu, penyakit ini dapat muncul karena cedera, paparan sinar matahari, merokok dan penggunaan obat tertentu. Katarak dapat diatasi dengan tindakan operasi.

Gangguan penglihatan dan penyakit mata dapat terjadi kapan saja. Untuk menghindari hal tersebut, Anda perlu menjaga kebersihan dan kesehatan Indera penglihatan dengan pola makan yang sehat, meminimalkan sinar matahari yang secara langsung mengenai mata dan lainnya. Jika sudah mengalami penyakit, segera obati atau kunjungi fasilitas kesehatan.