7 Tips Membangun Bisnis Fashion Online untuk Pemula

Baju printing saat ini sedang digandrungi banyak kalangan. Modelnya yang simple disukai kaum milenial yang suka segala sesuatu yang instan. Hal ini bisa menjadi modal untuk membangun bisnis fashion online. Apalagi bisnis fashion online saat ini sedang hits dan memiliki masa depan yang cerah. Tentu saja ini menjadi peluang bisnis yang menggiurkan di masa depan.

Mengenal Tentang Bisnis Fashion Online

Bisnis fashion online adalah bisnis yang  berhubungan dengan dunia fashion, baik baju, tas, sepatu dan pernak-pernik lainnya yang dijalankan secara online. Biasanya dengan membuka website atau toko online tersendiri.

Bisnis online semacam ini bukan hal baru lagi di dunia digital seperti saat ini. Justru perannya semakin banyak demi memenuhi kebutuhan masyarakat yang tak bisa lepas dari internet. Hal ini tentu saja bisa dijadikan peluang bagus untuk memulai bisnis online. Konsumen online sudah ada, tinggal kita olah toko online agar menarik pembeli.

Produk menjadi sesuatu yang menentukan bagi sebuah toko online. Di dunia fashion misalnya, carilah produk yang sederhana yang dekat dengan kebutuhan masyarakat. Baju printing adalah model baju sehari-hari yang disukai banyak orang karena terkesan kasual. Memulai bisnis fashion online dengan baju printing bisa menjadi pilihan yang tepat.

Tips Merancang Bisnis Fashion Online dari Nol

Tips Merancang Bisnis Fashion Online dari Nol

Bicara bisnis online terkadang mudah bagi mereka yang sudah terbiasa berbisnis. Namun bagi pemula, tentu hal tersebut akan  berbeda. Ada banyak kesulitan yang dihadapi bagi pemula untuk memulai bisnis fashion online miliknya.

Untuk mempermudah pemula dalam berbisnis fashion online, beberapa tips berikut ini bisa digunakan :

1. Tentukan Niche Bisnis Fashion Anda

Niche bisnis itu penting sebagai ciri khas produk yang akan dijual. Oleh karena itu hal pertama yang harus diperhatikan bagi pemula sebelum memulai bisnis fashion online adalah menentukan niche bisnisnya. Misalnya niche budaya pop yang menampilan penampilan kasual melalui baju printing, kaos dan juga hoodie.

Cara untuk menentukan niche bisnis fashion online bisa dengan membuat toko online yang unik dan menonjol dari toko online yang lain, pilih bidang yang disukai, tanyakan pada diri sendiri apakah bidang yang diambil tersebut dapat menambah nilai diri kita sendiri dan pastikan memiliki potensi penghasilan yang baik di masa depan.

2. Tentukan Produk yang Akan Anda Jual

Setelah menentukan niche yang diinginkan, langkah selanjutnya adalah menentukan produk apa yang akan dijual. Apakah baju printing, kaos atau kaos kaki unik. Semuanya disesuaikan dengan  niche yang dipilih agar target marketnya juga tepat.

Untuk menentukan produk apa yang sebaiknya dijual, lakukan saja hal sederhana dengan memulai dari hal kecil, pikirkan masa depan produk Anda dan tetaplah fokus dan konsisten. Jika sudah berhasil dengan satu produk, baru munculkan produk lainnya. Cara ini dapat membantu menarik perhatian konsumen untuk terus update tentang bisnis fashion online Anda.

3. Tentukan Model Bisnis Fashion Online Anda

Ada 4 macam model bisnis fashion online yang diketahui, yaitu print-on-demand, toko fashion khusus, merek pribadi atau sistem dropshipping. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan masing-masing sesuai dengan kesiapan modal, strategi dan juga mental berjualan.

4. Buat Perencanaan Rinci Bisnis Anda

Dalam membuat sebuah bisnis, telusuri dulu 5 hal berikut sebelum memutuskan untuk terjun ke bisnis fashion online. Seperti keadaan pasar, produk yang dijual harus unik, menulis daftar pesaing bisnis fashion, strategi pemenuhan atau model bisnis dan deskipsi merek yang mengajarkan bagaimana caranya agar produk kita dilihat oleh para konsumen.

Selain itu Anda harus memikirkan juga faktor produksi, tenaga yang dikeluarkan, pembelian hosting, bahan dan lain-lain untuk menetapkan harga di pasaran. Jangan sampai terlalu tinggi dan terlalu rendah. Untuk itu survey pasar perlu ditentukan.

5. Merancang Toko Fashion Online

Merancang toko online adalah hal yang paling menyenangkan karena berkecimung di dunia internet. Caranya dengan membuat website yang berisi toko online tentang bisnis fashion online. Langkah awalnya tentu saja dengan membeli domain dan diisi dengan hosting.

Pembuatan toko online melalui website ini cukup rumit bagi pemula. Karena itu bisa diserahkan kepada yang ahli atau seorang pembuat website yang bisa dipertanggung jawabkan hasilnya.

6. Meluncurkan Toko Bisnis Fashion Anda

Toko online sudah jadi. Saat nya utuk meluncurkan toko bisnis fashion online dengan beberapa tahapan seperti menentukan strategi peluncuran, menyiapkan akun sosial media seperti instagram, facebook sampai tiktok.

Tahap selanjutnya adalah menyiapkan strategi pemasaran email dengan memastikan bahwa website yang akan diluncurkan sudah terpasang Google Analitik dan Google Add.

7. Mendatangkan Traffic Pada Toko Online Anda

Langkah terakhir dalam tahapan merancang bisnis fashion online bagi pemula yaitu dengan mendatangkan traffic atau pengunjung pada toko online yang sudah dibuat.

Caranya bisa beragam, ada yang dengan menulis artikel SEO, sering update berita seputar produk dan aktif dalam memberikan informasi penting mengenai bisnis fashion online yang dijalani.

Itu dia beberapa tips yang bisa digunakan untuk membangun bisnis fashion online bagi pemula. Dapatkan strategi marketing fashion online gratis!